March 4, 2024

Yayasan-Koperasi Griya Jati Rasa Gelar Kegiatan Atasi Stunting Persiapkan Generasi Emas Samigaluh.

0


Penanggulangan Stunting

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Samigaluh diprediksi bakal menjadi kota satelit di atas pegunungan Menoreh yang menjadi bagian dari episentrum pengembangan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional Borobudur (KSPN Borobudur).

Bedah Menoreh memungkinkan perjalanan dari Yogyakarta Internasional Airport ke Borobudur akan bisa dilakukan melalui transportasi darat melintasi pengunungan Menoreh di mana Kecamatan Samigaluh berada.

Menghadapi prospek episentrum KSPN Borobudur, maka sangat penting untuk mempersiapkan warga masyarakatnya.

Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa terus berkomitmen mendampingi warga di kawasan pegunungan Menoreh untuk pemberdayaan potensi lokal yang bisa dikembangkan oleh warga masyarakat.

Pada Kamis (25/1/2024), Direktur Yayasan Griya Jati Rasa mewakili Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa, Farsijana Adeney-Risakotta telah menyerahkan empat pasang induk ayam betina dan pejantan kepada empat ibu dan empat balita dari masing-masing ibu untuk memelihara sepasang induk ayam tersebut sebagai sumber ketersediaan telur ayam.

Pemerintah DIY memberikan telur setiap hari dua butir kepada ibu dan balita yang bermasalah stunting. Program ini sudah berjalan dari bulan Agustus sampai dengan November 2023.

Untuk memastikan keberlanjutan program ketersediaan telur ayam berkualitas kepada ibu dan anak bermasalah stunting maka pemberian sepasang induk ayam betina dan pejantan merupakan program yang sangat penting.

Keluarga didorong untuk bertanggungjawab dalam menyiapkan sumber vitamin B12, asam folat dan mineral penting untuk tumbuh kembang anak dalam mengatasi stunting.

Dusun Gowok, kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu wilayah pelayanan dari Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa.

Pada kesempatan yang sama, Farsijana mendiskusikan tentang pengolahan telur ayam yang sehat dan bergizi untuk bisa dikonsumsikan oleh balita maupun ibu hamil.

Sementara penyuluhan tentang pemeliharaan induk ayam betina dan pejantan untuk bisa menghasilkan telur organik dari ayam kampung mengandung omega 3 disampaikan Sumarno yang berpengalaman dalam pengembangan ayam kampung petelur.

Keterlibatan Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dalam penanggulangan stunting telah dimulai sejak diundang menghadiri gebyar koperasi dalam mengatasi stunting yang diselenggarakan oleh Pemda DIY bekerja sama dengan BKKBN.

Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa telah mengembangkan usaha pembuatan yogurt dan makanan bergizi yang disasarkan kepada masyarakat.

Sejak peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023, penyerahan yogurt dan bahan-bahan makanan mengandung vitamin B12 untuk ibu dan balita yang bermasalah stunting.

“Diharapkan mereka akan bertumbuh menjadi generasi emas Indonesia yang sekaligus adalah orang-orang muda yang akan membangun kota satelit Samigaluh di masa depan,” ungkap Farsijana. (rls).

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Yayasan-Koperasi Griya Jati Rasa Gelar Kegiatan Atasi Stunting Persiapkan Generasi Emas Samigaluh, https://jogja.tribunnews.com/2024/01/27/yayasan-koperasi-griya-jati-rasa-gelar-kegiatan-atasi-stunting-persiapkan-generasi-emas-samigaluh.

Berita Yayasan GJR


Komitmen Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dalam Penanggulangan Stunting di DIY


January 25, 2024


Yayasan-Koperasi Griya Jati Rasa Gelar Kegiatan Atasi Stunting Persiapkan Generasi Emas Samigaluh Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Yayasan-Koperasi Griya Jati Rasa Gelar Kegiatan Atasi Stunting Persiapkan Generasi Emas Samigaluh.


January 25, 2024


Pelatihan Peningkatan Kualitas Pengawas Koperasi


November 8, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *