March 4, 2024

Sosialisasi Proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi ke Desa Sidoharjo dan Silaturahmi dengan Bupati Kulon Progo

0

?

Selamat Malam Indonesia,

Agenda Tim Riset Samigaluh Tanggap Globalisasi pada hari ini adalah melakukan kunjungan ke Desa Sidoharjo, untuk bertemu dengan Pak Hery, pengrajin kayu dan Ibu Marwiyah petani kopi Moka di Madigondo.

Pak Hery adalah pengrajin jam tangan dari kayu yang memulai usahanya dari usaha keluarga, dan diharapkan bisa belajar pengembangan usaha bisnis yang lebih profesional untuk mempertahankan kualitas produksi dan manajemen usaha yang transparan dan mandiri.

Ibu Marwiyah adalah petani kopi moka di Madigondo, disebut kopi moka karena kopi ditanam berselangseling dengan tanaman coklat. Hasil kopi dari kebunnya sudah diolah dan di pasarkan, namun hasil coklatnya belum tersentuh.




Pada hari itu juga, tim bertemu pemuda dan kepala kadus di pringtali untuk memastikan adanya penguatan kapasitas mereka dalam melakukan konservasi alam dan treking wisata.

Selain itu, Tim juga mengunjungi Bupati Kulon Progo, yang dihadiri juga oleh Ketua Bapeda II Kulon Progo dan Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo. Bupati menyambut inisiatif masyarakat dalam hal ini civitas akademika UKDW yang bekerja sama dengang organisasi masyarakat yaitu Yayasan Griya Jati Rasa untk terlibat mengentaskan kemiskinan yg ada di Kulon Progo. Penyelesaian masalah kemiskinan harus dilakukan berbasis kebijakan lokal dengan menggali potensi kerjasama antara warga untuk mengatasi persoalan rendahnya sumberdaya manusia di tingkat pedesaan, kurangnya permodalan dan pemasaran produk. Pertemuan sangat menarik dan tanpa sadar sudah jam 8 malam. Tim kembali ke Kota Yogyakarta.

Berita Yayasan GJR


Praktek Lapang Mahasiswa IKOPIN di Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa


March 15, 2023


Menengok Lokakarya Ke-2 Riset Pemberdayaan Kerjasama Ekonomi Muslim Dan Kristen di Jogja


February 23, 2023


Kerjasama Antar Umat Beragama Bisa Menguatkan Pemberdayaan Ekonomi Bangsa


January 20, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *