March 4, 2024

Pelatihani Dan Uji Kompetensi Pengembangan Kopetetensi Pendamping UKM Melalui SKKN Ekspor Jasa

0




SKKN Ekspor

Selamat Siang Indonesia,

Pada hari pertama diberikan preview pelatihan SSKNI Ekspor dan uji kompetensi berbasis kompetensi. Penjelasan pelatihan untuk memberi kesempatan kepada pendamping UKM dan pelaku ekspor untuk memperoleh sertifikasi kompetensi ekspor berdasarkan standar kompetensi kerja nasional indonesia. Yaitu rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan, dan keahlian serta sikap yang relevan dengan pelaksanan tugas dan jabatan yang di tetapkan. Serta diberikan penjelasan tentang persyaratan dan portopolio uji kompetensi yang harus disiapkan.

Pada hari ke 2, peserta yang berjumlah 30 orang, terdiri dari dari 10 orang pendamping UKM dan 20 orang dari pelaku UKM. Ada yang dari Solo, Klaten, Magelang dan DIY. Sebelum pembukaan, dilakukan pretest untuk semua peserta. Pembukaan dilakukan oleh petugas dari Kementrian Koperasi dan UKM RI dan Ibu Kadis Dinkop DIY. Materi yang pertama adalah tentang kewirausahaan eksport. Pengusaha eksport survive pada berbagai krisis. Negara unggulan mengandalkan ekspor sebagai sumber pertumbuhan. Esportir adalah pioneer mengenalkan selera pasar global kepada para produsen pengrajin dan petani. Banyak pihak yang terlibat dalam ekspor, yaitu eksportir produsen, eksportir non produsen, perusahaan pelayaran, perusahaan penerbangan, forwarder atau ekspediisi muatan kapal laut (EMKL) atau ekspedisi muatan kapal udara (EMKU) dan perusahaan jasa yang mengurusi dokumen ekspor. Materi selanjutnya adalah mengurus dokumen ekspor. Syarat dokumen legalitas ekspor yaitu : NPWP, NIB, Syarat lain yang melekat pada produk dan syarat permintaan buyer.

Materi selanjutnya adalah memuat produk ekspor, pemeriksaan fisik ekspor ini untuk produk eksport yang diaatas 50 kg atau mengunakan container. Bagaimana cara mengemas produk di dalam container agar supaya produk baik dan aman sampai tempat tujuan, dan banyak latihan menghitung volume untuk container yang pas untuk produk supaya aman apakah mau di kirim melalui kapal laut atau kapal udara.

Pelatihan di tutup dengan pre tes sebelum ujian kompentesi tertulis dan praktek di mulai. Ujian kompetensi melalui SKKNI Ekspor adalah Ujian tertulis (terdiri dari 5 materi masing masing materi ada 20 soal pilihan benar/salah dan pilihan a,b,c,d), Ujian praktek (terdiri dari 5 materi masing masing ada 5 pertanyaan Tanya jawab dengan perhitungan sesuai kasus yang di berikan oleh assessor).

Berita Yayasan GJR


Praktek Lapang Mahasiswa IKOPIN di Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa


March 15, 2023


Menengok Lokakarya Ke-2 Riset Pemberdayaan Kerjasama Ekonomi Muslim Dan Kristen di Jogja


February 23, 2023


Kerjasama Antar Umat Beragama Bisa Menguatkan Pemberdayaan Ekonomi Bangsa


January 20, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *