March 4, 2024

Pelatihan Persiapan Produk Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk Perluasan Pasar untuk Proses Pengurusan Sertikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) Kepada Anggota di Gowok, Samigaluh.

0








Pelatihan PIRT

Selamat Malam Indonesia,

Hari ini Yayasan Griya Jati Rasa melaksanakan Pelatihan Persiapan Produk Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk Perluasan Pasar untuk Proses Pengurusan Sertikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Pelatihan dilakukan oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta kepada anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang berada di Dusun Gowok, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

Ibu Farsi menjelaskan tetang urutan proses pengurusan SPP-IRT dimana produsen harus datang ke Dinas Kesehatan Kabupaten setempat untuk meminta formulir pendaftaran SPP-IRT dan formulir pendaftaran Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang adalah salah satu syarat untuk mendapatkan SPP-IRT. Setelah itu, produsen akan diinfokan jadwal untuk pelaksanaan PKP, dan pada saat mengikuti PKP, akan ada ujian, jika lolos maka produsen akan mendapatkan sertifikat PKP. Setelah mendapatkan sertifikat, produsen dapat kembali ke Dinas Kesehatan untuk mengembalikan formulir pendaftaran SPP-IRT yang telah diisi bersama dengan berkas persyaratan lainnya. Dinas Kesehatan akan menghubungi, kapan petugas surveyor akan datang ke lokasi produksi untuk melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, produsen bisa menyiapkan dan menata rumah produksi agar produk yang dihasilkan terjamin kebersihan dan kesehatannya. Pastikan peralatan yang dipakai selalu dalam kondisi bersih, sebelum dan setelah pemakaian. Pastikan bahan makanan yang dipakai dalam kondisi yang baik dan tidak ekspired. Pastikan ruangan jauh dari toilet dan kandang. Pastikan ruangan selalu dalam kondisi bersih dan bersirkulasi udara baik.

Surveyor akan memeriksa rumah produksi, apakah sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan. Hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada produsen untuk di followup jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki. Setelah perbaikan, dan surveyor periksa kesesuaiannya, dan setelah dinyatakan hasilnya Baik, maka SPP-IRT akan diberikan dalam waktu maksimal 2 minggu.

Berita Yayasan GJR


Praktek Lapang Mahasiswa IKOPIN di Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa


March 15, 2023


Menengok Lokakarya Ke-2 Riset Pemberdayaan Kerjasama Ekonomi Muslim Dan Kristen di Jogja


February 23, 2023


Kerjasama Antar Umat Beragama Bisa Menguatkan Pemberdayaan Ekonomi Bangsa


January 20, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *