March 4, 2024

Open House Pusat Studi dan Pembangunan Masyarakat, Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana

0

Selamat Pagi Indonesia,

Open House Kantor Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat dan Sosialisasi Proyek “Samigaluh Tanggap Globalisasi”

Dua tahun lalu, tepatnya tanggal 19 April 2016, Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat, Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana diluncurkan untuk melayani masyarakat di DI.Yogyakarta dan di Indonesia. Sri Sultan Hamengkubuwono X menjadi pembicara utama dalam peluncuran tersebut yang ditandai dengan seminar bertemakan Pembangunan dan Kewirausahaan Desa.

Hari ini, Rabu, tanggal 18 April dilakukan open house Kantor Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat kepada civitas akademika di lingkungan Universitas Kristen Duta Wacana. Pusat Studi yang didirikan oleh beberapa dosen Fakultas Bisnis, diantaranya oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta PhD, yang adalah pengawas Pusat Studi, dalam kegiatan open house ini melakukan sosialisasi terkait dengan Proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi. Kegiatan open house dihadiri oleh Rektor Universitas Kristen Duta Wacana, Ir. Henry Feriadi M.Sc, PhD, dan dihadiri juga oleh Bapak Benny Susanto, S.Ag., M.Si pengasuh Pondok Pesantren Sunan Kalijaga, yang bersama-sama dengan Pendeta Universitas UKDW Ibu Pdt. Nani Minarni, S.Si, M.Hum memimpin Doa untuk membuka acara ini dan untuk mensyukuri HUT PSPTM yang ke-2.








Farsijana Adeney-Risakotta menjelaskan bahwa perubahan sosial yang terjadi karena pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon dan Bedah Menoreh, menjadi tanggungjawab bersama umat beragama untuk mempersiapkan warga masyarakat di daerah-daerah yang terdampak. Sebagai investigator dari Proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi, Farsijana Adeney-Risakotta bersama dengan timnya telah memulai riset kelayakan. Proyek ini dibiayai dari hibah yang dimenangkan oleh Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Presbyterian Women di Amerika Serikat. Jumlah hibah sebesar $ 46.323 akan digunakan untuk 13 kegiatan proyek yang meliputi penguatan kapasitas warga masyarakat dalam membangun kewirausahaan kelompok berbasis produk unggulan di daerahnya. Ada enam produk unggulan yang menjadi konsentrasi dalam penguatan kapasitas kelompok dan organisasi ekonominya, yaitu kelompok usaha bersama teh Menoreh (di desa Nglinggo), kambing etawa, kayu dan bambu, kelapa, makanan lokal dan rumah singgah wisata di desa Kebon Harjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.








Pengorganisasian kelompok dilakukan sebagai kerjasama dengan Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Griya Jati Rasa (website: www.griyajatirasa.com). Kedua lembaga masyarakat ini telah mendapat izin operasionalnya, memenuhi kewajiban pajak dan bergerak di seluruh DI.Yogyakarta. Akses Pusat Studi ke masyarakat adalah melalui keanggotaan Koperasi Griya Jati Rasa yang juga ada di Kecamatan Samigaluh. Diharapkan melalui proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi, universitas dapat memberikan input kepada warga masyarakat melalui penguatan kapasitas ilmu dan ketrampilan dalam alih teknologi, penguatan desain produk, kemampuan manajerial organisasi, standarnisasi administrasi dan akuntansi serta aksesitas perluasan pemasaran produk usaha berbasis budaya lokal yang dapat mengangkat nilai jual dan kehidupan mereka. Warga yang terlibat dalam proyek akan magang di universitas untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan mereka.

Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam melakukan riset, presentasikan hasilnya pada seminar dan lokakarya, penulisan modul pengajaran serta penulisan artikel ilmiah diharapkan akan memberikan model tentang praktek mutu (best practices) dalam pembangunan nasional di Indonesia. Selain kegiatan-kegiatan yang langsung dipusatkan di desa, akan dilakukan dalam waktu dekat yaitu Seminar dari riset kelayakan yang menghadirkan masyarakat dari Samigaluh, pemerintah, organisasi masyarakat dan pihak swasta untuk membahas bersama tentang penyiapan masyarakat di Samigaluh menyambut Bedah Menoreh (Far)

Berita tentang Open House PSPTM juga dapat dibaca pada Website UKDW

Berita Yayasan GJR


Praktek Lapang Mahasiswa IKOPIN di Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa


March 15, 2023


Menengok Lokakarya Ke-2 Riset Pemberdayaan Kerjasama Ekonomi Muslim Dan Kristen di Jogja


February 23, 2023


Kerjasama Antar Umat Beragama Bisa Menguatkan Pemberdayaan Ekonomi Bangsa


January 20, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *