March 4, 2024

Lomba Olahan Makanan Tradisional dan Housekeeping SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Wonosari dalam Rangkaian Merayakan Peradaban Indonesia : HUT 200 Tahun Rumah Pusaka, 7 Tahun Yayasan Griya Jati Rasa dan 1 Tahun Edfe Resort Yogyakarta.

0




Merayakan Peradaban Indonesia

Selamat Malam Indonesia,

Kolaborasi perayaan 200 tahun Rumah Pusaka yang adalah Café dari Edge Resort Yogyakarta, 7 tahun Yayasan Griya Jati Rasa dan 1 tahun Edge Resort Yogyakarta melibatkan Yayasan Griya Jati Rasa dan Edge Resort Yogyakarta. Kolaborasi ini memungkinkan penyelenggaraan Lomba Olahan Makanan Tradisional dan Lomba Housekeeping yang diikuti oleh peserta dari siswa/siswi SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Wonosari. Pelaksanaan lomba dilakukan pada hari Kamis, 10 Februari 2022 dari jam 09.00 WIB s.d selesai, bertempat di Joglo Adi Satrio untuk Lomba Olahan Makanan Tradisional dan di Villa Naga untuk Lomba Housekeeping. Peserta Lomba Olahan Makanan Tradisional diikuti oleh 5 kelompok dengan dua orang anggota dari masing-masing SMK. Sedangkan Lomba Housekeeping diikuti oleh 5 orang pribadi dari masing-masing sekolah. Jumlah Peserta adalah 20 orang untuk Lomba Olahan Makanan Tradisional dan 10 orang yang mengikuti Lomba Housekeeping.

Kegiatan yang mendatangkan juri dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM), Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Edge Resort Yogyakarta, bertujuan untuk mendorong para siswa untuk mempersiapkan diri masuk dalam pasar tenaga kerja. Adapun juri perwakilan dari STIPRAM adalah Ibu Tri Eko Yudiandri, SE., MM.Par dan Bapak Dwi Yoso Nugroho M.Par., CHE. Sedangkan juri perwakilan dari UKDW adalah Bapak Drs. Sisnuhadi MBA, Ph.D., Ibu Dra. Agustini Dyah Respati, MBA dan Bapak Jonathan Herdioko S.E., M.M. Serta Juri perwakilan dari Edge Resort Yogyakarta adalah Bapak Andrie Wilison, S.E., M.Si. Pariwisata yang merupakan andalan dari Kabupaten Gunungkidul yang perlu mempersiapkan dirinya melalui penyediaan tenaga kerja trampil dengan kemampuan internasional untuk bisa mengisi dunia perhotelan di wilayah ini. Keindahan alamnya, lautan, hutan dan perbukitan karst menjadi daya tarik wisata yang perlu diimbangi dengan penyediaan tenaga kerja trampil.

Lomba Olahan Pangan Lokal

Selama ini perlombaan dilakukan dikalangan internal SMK dimana siswa-siswi bertarug tanpa perikat dengan kegiatan nyata dari keseharian tugas-tugas di suatu hotal. Dengan adanya kegiatan lomba dilakukan langsung di hotel yaitu di Edge Resort Yogyakarta, maka siswa-siswi mengenal dari dekat industri wisata maupun perhotelan yang diapresiasi langsung oleh tamu-tamu yang menggunakan fasilitas tersebut selama mereka berlibur.</p>
<p>Pelaksanaan lomba dibuka oleh Bapak Purwono, SIP. M.Si, Panewu Kapanewon Purwosari dengan memukul 5 kali Gong Pancasila, kemudian menerima tanda Peta Yogya dalam bentuk Kaos Semar For Yogyakarta dari Ibu Farsijana Adeney-Risakotta,Ph.D sebagai Direktur Yayasan Griya Jati Rasa. Lomba yang dilakukan mengikuti aturan prokes selama masa pandemik tetap direncanakan secara menarik sehingga peserta, juri dan guru pembimbing masih bisa menikmati suasana alam dan keindahan Samudera Indonesia dari Edge Resort Yogyakarta. Peserta dan guru pembimbing menempati tenda yang sudah disediakan. peserta akan dipanggil menurut nomoer undiannya oleh MC untuk hadir pada Joglo Adi Satrio dimana pelaksanaan Lomba Olahan Makanan Tradisional dilakukan. Khusus untuk lomba ini, ada dua kegiatan yaitu pertama presentasi video tentang proses membuat olahan makanan yang dilombakan tersebut. Waktu presentasi hanya 7 menit dan diikuti dengan pemaparan tentang produk hasil olahan yang dibawa peserta untuk ditunjukkan kepada juri. Tanya jawab dilakukan antara peserta dengan juri untuk memastikan kegiatan pengolahannya dilakukan menurut ketentuan higienis, keseimbangan penggunaan bahan baku sampai dengan 50% dan tata cara olahan yang runtut sambil memperhatikan keindahan presentasi hasil akhir produk.

Lomba House Keeping

Sementara peserta lomba housekeeping berada di villa Naga diatas tebing dalam areal Edge Resort Yogyakarta diharapkan dapat membersihkan keseluruhan kamar, kamar mandinya dan teras sehingga memberikan kenyamanan kepada para tamu yang menginap. Apresiasi tamu-tamu untuk memposting komentar mereka terhadap kebersihan kamar biasanya ditulis langsung pada sosial media. Aksesitas tamu-tamu untuk memposting komentar mereka terhadap kebersihan kamar menjadi alasan pelaksanaan Lomba Housekeeping dilakukan dengan melibatkan juga netizen yang turut menikmati kegiatan lomba melalui posting-posting dari Yayasan Griya Jati Rasa melalui akun TikToknya.

Adapun pemenang dari Lomba Olahan Makanan Tradisional, Juara 1 adalah Lusiana Putri Nadira dan Via Sesya Calista Putri dari SMKN 3 Wonosari, Juara 2 adalah Cindy Eka Pratiwi dan Rafa’ Arieza Putri Arwana dari SMKN 3 Wonosari dan Juara 3 adalah Lista Ramadani dan Muhammad Dafa Y. dari SKMN 1 Purwosari. Sedangkan pemenang dari Lomba Housekeeping, Juara 1 adalah Angga Dwi Atmoko dari SKMN 1 Purwosari, Juara 2 adalah Sapta Adhi Nugroho dari SKMN 1 Purwosari dan Juara 3 adalah Nurul Mayrika dari SKMN 3 Wonosari. (far)

Berita Yayasan GJR


Praktek Lapang Mahasiswa IKOPIN di Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa


March 15, 2023


Menengok Lokakarya Ke-2 Riset Pemberdayaan Kerjasama Ekonomi Muslim Dan Kristen di Jogja


February 23, 2023


Kerjasama Antar Umat Beragama Bisa Menguatkan Pemberdayaan Ekonomi Bangsa


January 20, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *