Diklat Modernisasi Koperasi Melalui Digitalisasi Sistem. Tahap 4 Paket Diklat Digitalisasi Koperasi

Digitalisasi Sistem

Selamat Pagi Indonesia,

Diklat ini adalah seri terakhir dari Paket Diklat Digitalisasi Koperasi. Narasumber pada diklat ini adalah Bapak Alva Hendi Muhammad, Bapak Dhani Ariatmo dan Ibu Eli Pujiastuti dari Amikom Yogyakarta, serta Bapak Adri Syahrizal dan Ahmad Maruf dari Ritelteam Indonesia.

Pada hari pertama dijelaskan tentang pengenalan aplikasi sistem digital untuk koperasi. Peserta diajak mempraktekan sistem yang dibuat oleh perusahaan penyedia teknologi koperasi yang bekerja sama dengan Inovasi dan Transformasi Digital Koperasi(IDXCOOP) dari Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia. Terdapat 6 sistem yaitu, Sakti, Cuso, Kodi, Aulia, Kuelap dan Ussi.

Pada hari kedua, Bapak Dani menjelaskan tentang pengembangan usaha melalui sistem digital, dalam hal ini website. Peserta dijelaskan tentang cara membuat wordpress, dan menu-menu yang ada pada wordpress. Siang harinya, sesi dilanjutkan oleh Bapak Adri, yang menjelaskan tentang pengenalan marketing media sosial dan marketpace. Untuk pemasaran lokal, bisa memakai marketplace facebook, dan untuk pemasaran nasional bisa memakai media sosial instagram.

Pada hari kegita, disesi awal Bapak Adri mengajak peserta untuk praktek membuat iklan produk untuk dijual di media sosial instagram. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok, dan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil konten yang dibuatnya. Pada siang harinya, Bapak Adri menjelaskan tenang transformasi koperasi digital, dimana sudah saatnya koperasi konsumen yang ada di Indonesia, berkembang kepemasaran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *