Berita




Diskusi Webinar dengan Tema “Kata Bersama antara Muslim dan Kristen dan Perjuangan Menghadapi Pandemik di Indonesia”

Rabu, 28 Oktober 2020| 12.30 WIB - 15.00 WIB | Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Diawal bulan november ini kami bersyukur kegiatan Yayasan Griya Jati Rasa di akhir Bulan Oktober berjalan dengan baik. Pada tanggal 28 Oktober, ketika semua warga negara sedang memulai liburan akhir pekan yang panjang, perayaan hari Sumpah Pemuda dilaksanakan dengan baik. Tema diskusi perayaan Sumpah Pemuda 2020 adalah Kata Bersama Muslim dan Kristen menghadapi pandemik. Karena beberapa hal, pembicara Ibu Yenny Wahid dan Bapak Beny Susanto berhalangan hadir. Sebagai pembicara tunggal, Ibu Farsijana Adeney-Risakotta menjelaskan tentang “Model Pelayanan antara umat Muslim dan Kristen dalam Pembangunan Nasional”. Dengan mnelusuri sejarah koperasi sejak jaman kolonial Belanda, hingga penetapan UU Cipta Kerja dimana peran koperasi sangat penting bagi pembangunan nasional, diskusi mendalam terjadi, terutama karena kehadiran Prof. Dr. Sukmawati, Guru Besar Fakultas Ekonomi dari Universitas Atmajaya Yogyakarta dalam diskusi webinar tersebut.

Kegiatan-kegiatan berupa bantuan langsung kepada anggota diawal 3 bulan pandemik diikuti dengan pemberian bantuan pinjaman kepada anggota yang melakukan transformasi usaha menjelaskan bahwa kegiatan koperasi mendorong adanya kerjasama antara anggota dari latar belakang agama. Saling tolong menolong mengembangkan ide-ide usaha yang tepat di masa pandemik ditopang dengan ketersediaan dana pinjaman memberikan semangat kepada koperasi untuk terus mengembangkan pelayanan keadilan dan perdamaian kepada anggota-anggotanya. Kegiatan perayaan Sumpah Pemuda 2020 merupakan arena belajar bersama sambil menunjukan komitmen untuk Indonesia yang satu, berbahasa Indonesia dan berbangsa Indonesia, bertanah air Indonesia. Ucapan Ikrar Umat Kebangsaan yang diucapkan pada perayaan hari Sumpah Pemuda ke-91, diikrarkan kembali dalam kegiatan webinar zoom ini. Peranan agama dalam mendorong kerjasama dibidang ekonomi seperti yang dilakukan oleh Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa kiranya akan memberkati Indonesia untuk hidup rukun, adil dan damai.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Pesantren Sunan Kalijaga, UGM Press dan Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Sosial (PPSTM), Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang telah bekerjasama mendukung jalannya acara ini.

#katabersamamuslimdankristen
#koperasikonsumengriyajatirasamenuju2030
#muslimdankristenbekerjasamauntukkerukunankeadilandanperdamaian
#yayasangriyajatirasamelayanibangsadengankedisiplinandangerakanekonomikerakyatan
#28oktober2020 #sumpahpemuda2020


Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa mengikuti “Diklat Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Koperasi”

Senin-Kamis, 19-23Oktober 2020| 08.00 WIB - 15.00 WIB | Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa (KKGJR) kembali mendapatkan undangan dari Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengikuti “Diklat Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Koperasi”. Diklat dilaksanakan pada hari senin-kamis, 19-23 Oktober 2020 di Hotel Alana Malioboro.

Pada diklat ini, peserta diberikan pemaparan terkait media sosial dan manfaatnya untuk perluasan pemasaran produk koprasi. Seluruh narasumber yang memberikan pemaparan berasal dari Universitas Amikom Yogyakarta. Pada hari pertama, Ibu Eli Pujiastuti, S.Kom., M.Kom memperkenalkan media sosial untuk marketing online dan peran teknologi informasi bagi koperasi. Pada hari kedua, peserta diajarkan tentang penjualan online melalui facebook dan instagram. Bapak Rizqi Sukma, S.Kom., M.Kom juga mengajak peserta untuk praktek posting produk untuk dijual di media sosial tersebut. Beliau juga menjelaskan pentingnya pemakaian facebookadds dan instagramadds untuk memboost penjualan produk koperasi.Pada hari ketiga, peserta diperkenalkan dengan OLX dan Tokopedia dan teknologi web. Narasumber, Bapak Mulia S, S.Kom., M.Kom juga mengajak peserta untuk mempraktekan berjualan di E-Commerce tersebut dan membuat website sederhana menggunakan google site. Pada hari terakhir, Sesi diisi oleh Bapak Arifiyanto Hadi, S. Kom.,M.T yang mengajarkan prakter membuat blog dan optimalisasi SEO pada blog.

Kami merasa senang bisa berpartisipasi pada diklat ini, dan akan mengapikasikannya pada penjualan produk online koperasi.

#koperasikonsumengriyajatirasa

#griyajatirasamovementforjusticepeace


Workshop Pembuatan Sustainability Company Profile Kelompok Trekking Terbit Menoreh di Madigondo

Rabu, 21 Oktober 2020| 10.00 WIB - 14.00 WIB | Warung Kopi Mbak Mar | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Hari ini, Rabu, 21 Oktober 2020 diadakan Workshop Pembuatan Sustainability Company Profile Kelompok Trekking Terbit Menoreh (TTM) di Madigondo. Kegiatan ini sebagai follow up dari kegiatan sebelumnya yang dapat dibaca pada link ini.

Ibu Farsijana Adeney-Risakotta, Ph.D menjadi narasumber pada workshop hari ini. Beliau menjelaskan tentang pentingnya pembuatan sustainability company profile untuk mengembangkan suatu usaha. Company profil yang dibuat dapat dipakai sebagai conten media promosi ke mitra maupun pemerintah terkait dan juga dapat menjadi conten dalam pembuatan proposal pembiayaan kepada pihak terkait.

Kelompok kembali diingatkan akan cita-cita apa yang ingin diraih pada saat awal membentuk kelompok, yaitu untuk memajukan ekonomi keluarga melalui TTM dengan cara memberdayakan masyarakat sekitar. Kelompok dibentuk oleh 15 orang penggagas dari Dusun Madigondo, Desa Sidoharjo dan sekitarnya, yang kemudian berkembang menjadi 21 orang dari Desa Majaksingi, Magelang.

Ibu Farsijana juga menjelaskan kepada kelompok, bahwa didalam sustainability company profile, sebuah usaha bukan hanya memikirkan tentang profit semata, tetapi juga harus memperhatikan tentang keberlanjutan alam dan sesama. Didalam FGD, kelompok diminta untuk mengisi point-point pertanyaan yang sebelumnya telah disiapkan oleh ibu Farsijana dan membahasnya bersama dengan kelompok dan tim coaching.

Workshop kemarin juga dihadiri oleh Sdr. Siprianus Nahak yang biasa dipanggil Mas Ipi. Mas Ipi adalah mahasiswa S2 Magister Manajemen Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana yang sedang melakukan riset tentang Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang dibimbing oleh Ibu Farsijana. Mas Ipi, yang juga anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa berharap bisa mengembangkan masyarakat di Kupang menjadi bagian dari keanggotaan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk bisa masuk dalam pasar nasional dan global. Semangat ya mas Ipi

#koperasikonsumengriyajatirasa

#griyajatirasamovementforjusticepeace

#Trekking Terbit Menoreh


Visitasi Sekjen Forum Fair Trade Indonesia ke Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa

Selasa, 13 Oktober 2020| 08.30 WIB - 10.00 WIB | Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Pagi ini, Ibu Nety Febriana Sekretaris Jendral Forum Fair Trade Indonesia (FFTI) melakukan vistasi ke kantor Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk melakukan follow up komitmen perbaikan sesuai dengan temuan hasil auditor independen FFTI. Koperasi memberikan laporan perbaikan kepada beliau yang dijelaskan oleh Ibu Anna Istanti selaku Sekretaris Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Perbaikan yang telah dilakukan sampai dengan bulan September 2020 adalah perbaikan perhitungan salari staf dengan mengikuti Kebutuhan Hidup Layak (KHL), peraturan lembur sesuai Undang-Undang dan perbaikan ruang kantor yang aman dengan dilengkapi dengan denah dan jalur evakuasi. Komitmen perbaikan lain yang terkait dengan peraturan perusahaan dan kebijakan lainnya, sedang dalam proses pembuatan dan konsultasi dengan dinas ataupun instansi terkait.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Nety secara langsung menyerahkan Sertifikat Keanggotaan FFTI kepada Koperasi yang telah memenuhi 10 standar prinsip Fair Trade terhitung dari tanggal 15 September 2020.

#koperasikonsumengriyajatirasa

#griyajatirasamovementforjusticepeace

#forumfairtradeindonesia


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA