March 4, 2024

Jalan Sehat bersama Koperasi

“Saya senang dan bangga sebagai anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa ikut kegiatan “jalan sehat bersama Koperasi” tadi pagi, Jumat 14 Juli 2023 dalam rangka perayaan hari Koperasi Indonesia ke-76”, demikian komentar ibu Irene yang bersama saya menghabiskan waktu 25 menit menempuh 4750 langkah mengikuti rute yang ditetapkan panitia.  Ada sekitar 111 koperasi yang terdaftar mengikuti kegiatan jalan sehat itu.  Kegiatan dimulai dari Teras Malioboro 1 dan diakhir juga ditempat yang sama dimana Balai Layanan Bisnis  Usaha Mikro Kecil  dan Menengah  dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berada di sebelah kiri jalan masuk ke TM 1. Dengan tema Bangga Berkoperasi Indonesia Maju, kegiatan jalan sehat, donor darah dan pemeriksaan Kesehatan dibuka, disambut dan dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A. Juga hadir anggota DPRD DIY, Andriana Wulandari selaku Ketua  Komisi B, Bidang Perekonomian dan Keuangan. Baik Nurkyatsiwi maupun Wulandari dalam sambutannya memberikan tekanan tentang pentingnya semangat gotong royong yang terus menjadi modal penting dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, berkoperasian di DI.Yogyakarta. UMKM menjadi bukti partisipasi warga negara dari berbagai kalangan dalam membangun perekonomian bangsa. Secara khusus Nurkyatsiwi menyampaikan terima kasih kepada Erlina  Hidayati Sumardi S.IP,M.M selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Yogyakarta yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat mengelilingi jalan Senopati, jalan Mayor Suryotomo, jalan Suryatmajan (kantor Gubernur DI.Yogyakarta) dan kembali menuju Teras Malioboro 1. Jumlah peserta yang mendekati  500 orang diikuti oleh hampir lebih dari separuh adalah perempuan. Koperasi dan UMKM di DI.Yogyakarta sebagai suatu pergerakan memang diprakarsai, dikelola, dirawat dan dikawal oleh para perempuan dari kelas bawah. Karena itu, dengan bangga, ketiga perempuan DI.Yogyakarta tampil menggerakkan kegiatan jalan sehat sebagai cara untuk mengajak warga masyarakat berkoperasi demi mengantarkan bangsa menjadi Indonesia maju.






Draf UU Koperasi

Dengan memperhatikan realitas keanggotaan koperasi di DI.Yogyakarta maupun di berbagai daerah di seluruh tanah air, di mana perempuan berperan dalam memproduksi produk, melakukan pemasaran di antara sesama anggota koperasi, sekaligus menabung dan meminjam, maka sangat penting dalam perayaan hari Koperasi dilakukan juga pendidikan hukum kepada anggota-anggota koperasi. Jalan sehat yang dimeriahkan dengan berbagai doorprize dan voucher untuk belanja di Teras Malioboro 1 merupakan kegiatan yang sangat penting untuk membangun kesadaran anggota koperasi untuk saling peduli mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan ekonomi sesama anggota koperasi dan UMKM. Akan tetapi menurut saya, kesempatan itu juga bisa dipergunakan untuk mengingatkan anggota koperasi supaya bisa terlibat dalam mendiskusikan draf Rancangan Undang-Undang Perkoperasian Tahun 2022. Dalam usianya ke-76, koperasi sedang mengalami perubahan mendasar seiring dengan kemajuan teknologi dan ekonomi global yang saling tergantung dan kesadaran bersama terhadap pembangunan berkelanjutan dalam upaya mendasar membangun demokrasi ekonomi Indonesia. Kemajuan ekonomi Indonesia tidak bisa hanya bertumpuk pada sepuluh persen para konglomerat yang merupakan lapisan terkecil dalam tatanan ekonomi bangsa.  Penyebaran warga negara yang berada di pedesaan, pinggiran kota yaitu mereka yang kadang kala terpinggiri dalam pembangunan infrastruktur, seperti pelebaran jalan dan proyek pembangunan lainnya mempunyai kesempatan dan hak untuk maju, mandiri, sehat secara ekonomi, tangguh dalam berproduksi dan mampu berkompetisi memasarkan produk-produk untuk menjawab persoalan bersama umat manusia. Kekuatan koperasi dalam melakukan kerjasama ekonomi di antara anggota-anggota tanpa memandang status sosial, budaya dan agama merupakan berkat yang terbesar dalam masyarakat Indonesia yang muti etnis dan keagamaan. Karena itu, hak-hak ekonomi setara dijamin oleh negara, termasuk koperasi berbasis syariah, seyogianya tetap membuka diri untuk saling bekerjasama dengan koperasi-koperasi berbasis non syariah Islam.

Tahun politik

Dalam mempersiapkan Indonesia memasuki tahun politik untuk pemilihan langsung presiden, wakil presiden, anggota legislatif di tingkat pusat, propinsi dan kabupaten, koperasi bisa berperan besar untuk memastikan bahwa calon pemimpin bangsa yang terpilih dalam Pemilu 2024 adalah mereka yang mempunyai komitmen dalam membangun perekonomian masyarakat bawah.  Program pengentasan kemiskinan perlu dilakukan bukan dengan sekedar karikatif sebagai program pemerintah yang diimplementasikan melalui agenda politik anggota DPR, DPRD I dan DPRD II, tetapi benar-benar merupakan buah dari pembinaan lintas sektoral yang melibatkan berbagai operasi perangkat daerah yang memberdayakan warga untuk menjadi wirausahawan-wirausahawan berbasis kebijaksanaan lokal dan kemandirian keunikan produksi. Kiranya perayaan hari Koperasi ke-76 menjadi momentum untuk berefleksi tentang keanekaragaman budaya dan peluang kerjasama untuk saling menguatkan produk yang dapat dipasarkan secara bersama dengan memberikan ruang terhadap keunikan dan narasi produksi yang berbeda-beda tetapi berkualitas.

 

Ditulis Oleh Farsijana Rohny Cootje*

*Antropolog dan dosen program Magister Manejemen, Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana.

Berita Yayasan GJR


Ayo Berkoperasi Demi Indonesia Maju


July 15, 2023


Diskusi Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Membangun Ekonomi Akar Rumput yang Inklusif


June 30, 2023


Kawal Hasil Pembangunan Kawal Pemilu 2024


May 22, 2023

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *