Berita




Webinar Koperasi Naik Kelas dalam masa Pandemik Covid-19

Senin, 12 Juli 2021| Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Yayasan Griya Jati Rasa bekerja sama dengan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa mengadakan lokakarya dengan topik Koperasi Naik Kelas dalam Masa Pandemi, sebagai perayaan hari Koperasi Nasional ke-74 pada Senin (12/7/2021).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Dr Perminas Pangeran SE MSi, Dekan Fakultas Bisnis UKDW dan Farsijana Adeney-Risakotta PhD. Dr Perminas Pangeran SE MSi mengatakan untuk menekan penyebaran pandemik, kegiatan-kegiatan masyarakat harus dihentikan. Dampak terbesar terasa langsung pada kegiatan ekonomi.

“Maka, upaya yang harus dilakukan oleh Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa adalah terus memikirkan terobosan yang tepat untuk mendorong anggota-anggotanya bisa tetap naik kelas di masa pandemik,” ungkapnya. Ia mencontohkan salah satu kesempatan dalam pandemik ini, Koperasi mengemas ulang produk anggota untuk dipasarkan secara online. Penjualan-penjualan sudah dilakukan untuk produk teh dan kopi. Keunikan produk adalah pilihan konsumen terhadap cita rasa dan manfaat produk yang berbeda dibandingkan dengan produk lainnya yang sudah beredar dalam pasar.

Dengan membuka pasar baru, Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa mendorong penerusan kerja produksi pada tingkat anggota sehingga kegiatan produksinya berdampak terhadap masyarakat sekitar. Kesempatan untuk pengembangan masyarakat semakin terbuka karena kesempatan untuk melibatkan masyarakat dalam membangun kewirausahaan dapat mendorong mereka untuk memperjuangkan hak-hak pengembangan ekonomi kepada pemerintah dari tingkat desa hingga propinsi.

“Sementara itu, pertimbangkan tentang potensi Indonesia dalam dekade berikutnya yang diprediksi akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi dunia ke-4 oleh 2030. Ini harus tetap dikawal terutama dalam masa pandemik,” bebernya. Farsijana Adeney-Risakotta.mengatakan salah satu terobosan yang harus mendapat perhatian adalah pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis masyarakat seperti koperasi. Tumpuan kepada masyarakat sebagai basis kekuatan ekonomi Indonesia di tahun 2030 apabila dipersiapkan dengan baik sejak masa pandemi akan memberikan dampak terhadap tata kelola kegiatan ekonomi kekinian dan sesudah pandemic. Dari penggambaran lata belakang ini, maka topik untuk lokakarya berjudul ‘Koperasi Naik Kelas di Masa Pandemi’ kiranya bisa menurunkan dua sub topik bahasan yaitu pertama, risiko berusaha yang harus diketahui oleh Koperasi untuk bisa naik kelas dalam masa pandemi. "Kedua, kolaborasi dan pengembangan inovasi produk untuk mendorong koperasi naik kelas di masa pandemi," katanya. (ADV)

Berita juga dapat dibaca di Harian Jogja


Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020

Kamis, 3 Juni 2021| Offline dan Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Puji syukur kita panjatkan pada Tuhan YME atas limpahan rahmat dan hidayahnya, sehingga kita bisa melaksanakan agenda RAT rapat anggota tahunan tutup buku 2020.

Laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun 2020 ini dilaksanakan mundur dari tahun tahun yang lalu karena masa pendemi covid I9 masih meresahkan dan sesuai anjuran pemerintah masih harus melakukan protocol kesehatan dan masih ada larangan berkumpul kumpul pada sebuah tempat untuk itu RAT kali ini beda dengan tahun lalu.

RAT ini di laksanakan dengan perwakilan anggota dan disiarkan langsung secara live melalui meet zoom sehingga diharapkan anggota bisa mengikuti melalu hp masing masing. Yang di harapkan hadir adalah pengurus, pengawas dan beberapa perwakilan anggota .

Kami menyadari bahwa semua kegiatan koperasi tahun ini banyak yang tertunda karena pandemic ini tetapi kami berusaha menjalankan secara perlahan dan patuhi protocol kesehatan secara tertib. Kami menghaturkan banyak terimakasih yang sebesar besarnya kepada Dinas Koperasi dan UKM DIY, semua pengurus dan pengawas serta teman-teman pengelola harian koperasi dan semua anggota koperasi yang selalu memberikan dukungan dan kemudahan fasilitas dalam memperlancar agenda kegiatan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Semoga dalam rapat anggota tahunan ini dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik untuk di jadikan arah perkembangan koperasi kita ini. Demikian kata pengantar yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti dan melakukan Rapat Anggota Tahunan 2020.

Tetap semangat terus bergerak jadikan pandemic tantangan baru bagi koperasi.

YOGYAKARTA, 3 JUNI 202I

PEGURUS KOPERASI KONSUMEN GRIYA JATI RASA.


Seminar Nasional "Merayakan Hari Kartini Sambil Meninjau Kembali Kesiapan Perempuan Indonesia Menyambut Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Rabu, 21 April 2021| 09.00 - 13.00 WIB | Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa



Virtual Generation Equality Forum: Mexico City. “Pemuda untuk Bangsa” dari Mexico City - Indonesia – Paris

Senin-Selasa, 29-31 Maret 2021| Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Sesudah mengulangi Ikrar kembali Sumpah Pemuda 1928 (dapat dilihat pada video youtube)

Pemuda/pemudi adalah generasi masa depan bangsa. Melakukan tujuan pembangunan berkelanjutan tanpa mengikut sertakan pemuda/i adalah meniadakan hak asazi dari mereka untuk turut berpartisipasi mengatasi permasalahan bersama bangsa. Masalah saat ini adalah pandemic covid-19 yang menyebabkan terjadi peningkatan kekerasan terhadap perempuan, peranan ganda perempuan makin berat di rumah tangga, perempuan kehilangan pekerjaan karena harus melayani anggota keluarga yang bekerja dan belajar dari rumah, atau perempuan dibayar rendah untuk melakukan tugas-tugas pemeliharaan dalam rumah tangga. Virtual Generation Equality Forum yang diorganisir oleh UN Women bekerja sama dengan pemerintah Perancis dan Mexico akan dibuka di Mexico City dari tanggal 29 sampai dengan 31 Maret 2021 dan puncaknya di Paris pada tanggal 30 Juni sampai dengan 2 Juli 2021. Pertemuan global ini bertujuan untuk meninjau kembali tindakan bersama dari kesepakatan Beijing Platform yang dideklarasikan pada tahun 1995. Bagaimana dampak penerapannya, celah antara tindakan, komitmen dan kenyataan? Ketika perempuan internasional berkumpul dengan pemuda/pemudi dari seluruh dunia, maka kekuatan pendekatan feminisme dibahas secara terbuka untuk menunjukkan peran pemberdayaan dan kesetaraan gender dalam melanjutkan pembangunan berkelanjutan. Untuk Indonesia, kesempatan ini akan digunakan terutama penguatan kewirausahaan pemuda/i di daerah yang rentan dengan kemiskinan sehingga menimbulkan dampak terhadap persoalan sosial seperti human trafficking. Yayasan Griya Jati Rasa yang memfasilitasi Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa sudah siap bekerja sama dengan pemuda/pemudi di seluruh Indonesia untuk memberdayakan warga masyarakat sehingga mereka bisa mempunyai kehidupan yang layak, bermartabat, sejahtera, sehat, aman dan bahagia. Ms. Farsijana Adeney-Risakotta PhD sebagai pendiri dan direktur Yayasan Griya Jati Rasa akan menghadiri acara penting ini. Dari pertemuan di Mexico City sampai dengan pertemuan di Paris, Yayasan Griya Jati Rasa berkomitmen memfasilitasi pemuda-pemudi di daerah dengan kantong kemiskinan tertinggi di Indonesia untuk menciptakan produk-produk lokal yang dapat diekspor. Selamat berkonferensi ibu! Ayo pemuda/i Indonesia semangat dan tetap berkarya untuk membangun anggota masyarakat lainnya. Tuhan menyemangati pemuda/i Indonesia!. (far)


Kegiatan Presentasi Evaluasi ke-2 dan Penutupan KKN Universitas Kristen Tentena angkatan ke XI

Jumat, 26 Maret 2021| 09.00-14.00 WITA | Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Satu bulan setelah pelaksanaan evaluasi bisnis plan, hari ini mahasiswa KKN dari Universitas Kristen Tentena akan mempresentasikan model pemasaran digital yang telah mereka jalankan untuk memasarkan bisnis yang mereka pilih. Mahasiswa terbagi menjadi 10 kelompok posko yang melakukan pengabdian pada masyarakat Tentena.

Presentasi dilakukan secara online melalui zoom meeting, dihadapan dosen dan Ibu Farsijana Adeney-Risakotta, Ph.D. Adapun ide bisnis tersebut terdiri dari :

1. Posko I : Kukis Bakar Kasubi

2. Posko II : Ranggina Weamomi

3. Posko III : Dodol Nanas Modilejo

4. Posko IV : Baso Tabaro

5. Posko V : Lama Lipu (Minyak Kelapa Murni)

6. Posko VI : Banana Spicy Balado

7. Posko VII : Tirai Bambu

8. Posko VIII : Rica-Rica Ikan Mujair Tentena

9. Posko IX L Gula Aren (Goola Momi)

10. Posko X : Juju Yopo (Madu Hutan)

Pada pertemuan kali ini, untuk mempersingkat waktu, hanya ada 5 posko yang mempresentasikan model pemasaran digital mereka, yaitu posko Juju Yopo, posko Gula Aren, posko Baso Tabaro, posko Dodol Nanas Modilejo dan posko Ranggina Weamomi.


Ibu Farsijana Adeney-Risakotta Ph.D (Direktur Yayasan Griya Jati Rasa) menghadiri Forum NGO CSW / NY

14-26 Maret 2021| Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Di bulan perempuan ini, di bulan Maret, melanjutkan perayaan hari perempuan internasional dengan United Nation Women’s Peace and Humanitarian Fund, Ibu Farsijana menfasilitasi workshop yang berjudul, Perempuan, Hubungan antar Iman dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Ibu Farsijana Adeney-Risakotta Ph.D selaku Direktur Yayasan Griya Jati Rasa (House of Authentic Sense Foundation), mendapat kesempatan untuk menghadiri Forum NGO CSW / NY yang mengorganisir keterlibatan masyarakat sipil khusus untuk kelengkapan Komisi PBB untuk Status Wanita (CSW). Pertemuan dimulai dari tanggal 14 – 26 Maret 2021.

Forum NGO/CSW berjalan paralel dengan persidangan yang terjadi di dalam Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ini memberi masyarakat sipil kesempatan untuk terlibat dalam proses dan acara CSW tanpa akreditasi ECOSOC atau izin masuk khusus dari PBB. Kiranya keterlibatannya bisa memberikan masukan dari masyarakat sipil di Indonesia kepada delegasi pemerintah Indonesia tentang upaya penanggulangan pandemik covid-19 dari perspektif praktek kesetaraan gender sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan. Pengalamannya bersama Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dalam membangun ketahanan pangan, akses kepada pemberdayaan ekonomi perempuan dan keluarga memberikan harapan kepada Indonesia untuk berpartisipasi dalam pasar internasional yang adil dan setara menuju 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. (far)


Webinar "Women, Interfaith and Sustainable Development Goals" dalam Rangka International Women Day 2021

Selasa, 10 Maret 2021| 09.00 - 13.00 WIB | Zoom Meeting | Staf Griya Jati Rasa



<< Berita Terdahulu
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA